Sabtu, 21 Mei 2011

LEBAH 1 - Pendahuluan 1

LEBAH 1 - Pendahuluan 1






Lebah


Lebah merupakan sekelompok besar serangga yang dikenal karena suka hidup berkelompokm meskipun sebenarnya tidak semua lebah bersifat demikian. Semua lebah masuk dalam suku/familia Apidae (ordo Hymenoptera: serangga bersayap selaput). Di dunia terdapat kira-kira 20.000 spesies lebah dan dapat ditemukan di setiap benua, kecuali Antartika.
Sebagai serangga, ia mempunyai tiga pasang kaki dan dua pasang sayap. Lebah membuat sarangnya di atas bukit, di pohon kayu dan pada atap rumah. Sarangnya dibangun dari malam yang terdapat dalam badannya. Lebah memakan nektar bunga dan serbuk sari.

Cara hidup

Serangga betina memiliki peran penting dalam kelompok serangga ini. Perilaku dari lebah sangat ditentukan oleh perilaku dari lebah betina. Beberapa lebah betina dari spesies tertentu hidup sendiri (soliter) dan sebagian lainnya dikenal memiliki perilaku sosial. Lebah soliter membangun sendiri sarangnya dan mencari makan untuk keturunnya tanpa bantuan lebah lain dan biasanya mati atau meninggalkan sarang pada saat keturunnya belum menjadi lebah dewasa. Kadang kala beberapa spesies lebah soliter memberi makan dan merawat anaknya tanpa memberikan cadangan makanan bagi anaknya, bentuk hubungan seperti ini dikenal dengan istilah subsosial. Sementara pada tahap lebih tinggi, lebah hidup berkelompok dan saling berbagi tugas sesuai dengan bentuk fisik masing-masing.

Koloni

Dalam suatu kelompok (disebut "koloni") terdapat tiga "kasta", yaitu:
Setiap kasta lebah mempunyai tugas masing-masing. Lebah ratu hanya satu ekor dalam setiap koloni dan mengawal semua kegiatan lebah betina dan lebah jantan. Komposisi kromosomnya diploid sehingga dapat menghasilkan keturunan. Badannya lebih besar karena sejak masih dalam bentuk larva ia diberi makan royal jelly yang kaya akan khasiat. Tugas utamanya ialah kawin dan bertelur. Lebah ratu yang aktif mampu bertelur kira-kira 2.000 butir sehari. Harapan hidup lebah ratu ialah tiga tahun.
Lebah betina atau lebah pekerja mengumpulkan serbuk sari dan nektar. Madu merupakan produk hasil pengolahan makanan ini dalam tubuhnya dan disimpan dalam sarang lebah untuk makanan, termasuk untuk larva dan pupa. Ada juga lebah betina yang bertugas membersihkan sarang dan menjaga anak-anak lebah. Harapan hidup lebah pekerja ialah tiga bulan atau lebih sedikit. Lebah betina terbentuk tanpa melalui perkawinan ("partenogenesis") dan mandul (steril) karena hanya memiliki satu set kromosom (haploid).

Pemanfaatan lebah

Lebah di alam berfungsi penting sebagai serangga penyerbuk utama. Kesukaannya akan nektar dan serbuk sari dimanfaatkan tumbuhan untuk penyerbukan dan penyebaran serbuk sari. Dalam penyerbukan buatan tanaman tertentu, lebah dipelihara dalam kurungan berisi tumbuhan yang akan disilangkan.
Madu yang dihasilkan lebah disukai oleh banyak hewan, khususnya beruang.
Manusia juga memanfaatkan madu sebagai makanan serta obat. Pemeliharaan lebah untuk diambil madunya telah dilakukan manusia sejak lama. Ilmu tentang lebah dan pemeliharaannya dikenal sebagai apiari. Usaha peternakan lebah juga disebut dengan nama tersebut.
Beberapa jenis lebah memiliki sengat yang sebetulnya bersifat fatal bagi dirinya. Sengat ini dimanfaatkan manusia dalam pengobatan serupa akupunktur yang dinamakan terapi lebah (apitherapy).
Di beberapa tempat di Indonesia larva dan pupa lebah dijadikan makanan (misalnya sebagai botok lebah).

Sengatan Lebah

Lebah sering menggunakan sengatan ekornya saat merasa terganggu / terusik. Lebah menusukkan sengatan ekornya berkali-kali ke epidermis musuhnya sehingga merasa sakit. Namun, apa yang dilakukan lebah ini ternyata malah membuat sengatannya lepas (tertinggal) di kulit seseorang dan menarik alat pencernaanya (yang memang menempel pada sengatannya), dan dalam beberapa menit kemudian lebah pun mati. Jadi, jangan takut lebah menyerang dua kali.

 Lihat pula

 Pranala luar


http://id.wikipedia.org/wiki/Lebah


Sehari seribu telur lebih




Sudah pernah nonton Bee Movie belum ? Seperti dunia lebah aslinya, di film ini, inti ceritanya adalah soal madu. Lebah dan madu memang tidak bisa dipisahkan. Meski lebah ditakuti karena bisa menyengat manusia, tapi sebenarnya binatang ini patut ditiru, terutama dalam hal kerjasama. Banyak fakta lain tentang lebah yang perlu kita ketahui.


- Lebah termasuk kelompok binatang serangga yang terbang hidup berkelompok. Lebah terdapat hampir di seluruh belahan dunia kecuali daerah kutub. Lebah bersarang di bukit, pohon dan di atas rumah. Sarang lebah terbuat dari bahan lilin yang terdapat pada tubuh lebah. Lebah memakan madu bunga (nektar, sari bunga)  dan debunga (pollen, serbuk sari).

- Lebah penghasil madu sudah dimulai 20 juta tahun hingga sampai sekarang. Meski dunia disekelilingnya berubah, tetapi lebah tidak ikut berubah. Lebah penghasil madu, baru dikenal di Amerika setelah Spanyol, Belanda, Inggris memperkenalkannya pada abad ke-17.

- Lebah memiliki empat sayap, tiga pasang kaki, lima buah mata. Sayap lebah bisa mengepak 11.400 kali dalam satu menit dan mengeluarkan bunyi buzz. Kebah terbang sejauh 12 mil perjam (sekitar 20 km). Lebah berkomunikasi dengan cara menggoyangkan tubuhnya.


- Dalam satu kelompok, terbagi dalam tiga kasta.
  • Pertama lebah ratu yang jadi petelur. Lebah ratu paling sibuk karena bisa mengerami 1000 sampai 1500 telur perhari.
  • Kedua, Lebah pekerja jenis betina yang tidak bertelur.
  • Ketiga, lebah jantan.

- Di daerah empat musim,lebah tidak mencari makan saat musim dingin. Kalau pun keluar sarang, cuman untuk bersih bersih sarang. Makanan selama musim dingin didapat dari gudang penyimpanan yang dikumpulkan saat musim panas. Untuk menghangatkan sarangnya di musim dingin, lebah membutuhkan minimal 15,9 kg madu.

- Setiap koloni lebah madu memiliki ciri khusus agar tidak semua lebah bisa masuk. Agar diizinkan masuk, lebah harus memercikkan aroma dari tubuhnya.

- Saat lahir, lebah penghasil madu tidak langsung tahu bagaimana cara bikin madu. Lebah muda biasanya mendapatkan ajaran dari yang lebih tua. Beberapa pekerja juga bekerja sebagai perawat. Tugas mereka memberi makan pada cikal bakal lebah.

- Lebah penghasil madu mengunjungi antara 50 - 100 bunga dalam sekali terbang dari sarangnya. Untuk mengasilkan 1 pound ( 453 gr ) madu, seekor lebah harus mengunjungi 2 juta bunga. Sebuah koloni lebah busa menghasikan 60 - 100 pounds ( 27 - 45 Kg ) madu setiap tahunnya.

- Tahapan sebelum menjadi lebah adalah telur,larva,pupa dan baru menjadi lebah .


- Manusia harus berterimakasih pada lebah karena mereka membuat tanaman, buah buahan dan bibit untuk berkembang biak. Lebah melakukan peran sebesar 80 persen dalam pengembang biakan tanaman. Saat mengambil madu, lebah tidak sengaja melakukan penyerbukan bunga,sehingga terjadi penyerbukan yang mengubah bunga menjadi buah. Biji inilah yang nantinya jadi tumbuhan berikutnya.

http://alam-hewan.blogspot.com/2010/12/fakta-fakta-lebah.html#axzz1N2yd9FqY



Bee Movie


Bee Movie adalah film animasi tahun 2007 yang dibintangi oleh Jerry Seinfeld, Renée Zellweger, Matthew Broderick, Megan Mullally, John Goodman, Chris Rock, Kathy Bates, dan Patrick Warburton. Film ini diproduksi oleh DreamWorks Animation dan disutradarai oleh Simon J. Smith dan Steve Hickner.

http://id.wikipedia.org/wiki/Bee_Movie


http://www.freecoloring.ca/beemovie.html


Overview of Bee Biology

David M. Stone, Teaching Associate, University Laboratory High School, Urbana, IL, U.S.A.

There are an estimated 30,000 bee species worldwide. The vast majority of these species are solitary and do not produce honey or large nests with young, and therefore do not exhibit colony defense (Buchmann, 2005).
When one typically thinks of a bee, the species that typically comes to mind is the western honeybee, Apis mellifera. The genus Apis is comprised of eight species. Apis mellifera is comprised of 24 different races. The most common commercial production race is Apis mellifera ligustica, commonly referred to as Italians. This race is known for its high rate of honey production and its gentle nature, making it a favorite in apiaries, commercial bee production facilities.





 Italian bee working in its hive. Photo by Zach Huang.


The majority of bees that one sees outside of a hive are workers (sterile females). A typical honeybee colony consists of 50,000-60,000 sterile workers, 500 to 1000 drones (fertile males) and one queen, the only fertile female in the colony and mother of the entire population of the hive (Bishop, 2005).
Some people confuse bees with wasps. Bees tend to be vegetarians and are generally hairy, whereas wasps tend to be carnivorous and hairless (Buchmann, 2005). The vast majority of BeeSpace activities center around the western honeybee, Apis mellifera.








 Bees or wasps? These European Paper Wasps show the hairless bodies typical of wasps. Photo by Zach Huang.
 

http://www.uni.illinois.edu//~stone2/bee_overview.html   


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar